Tugas 13 Resume Pertemuan ke-6
RESUME PERTEMUAN KE-6
BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7
Pertemuan
kali ini adalah materi tentang Mendesain Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif
Oleh Indra Charismiadji pemerhati dan Praktisi Pendidikan 4.0
1.
Direktur Eksekutif Center For Education
Regulations dan Development Analysis (CERDAS)
2.
Direktur bidang Pendidikan VOX Populi
Institute Indonesia
3.
Ketua Dewan Pembina Asosiasi Guru TIK/
KKPI Indonesia (AGTIFINDO)
4.
Dewan Pembina Ikatan Guru TIK PGRI
Pada
pertemuan kali ini pemateri menggunakan WEBEX.
Materi
malam ini pun ditampilkan melalui slide demi slide dengan menggunakan Webex.
Adapun
Linimasa Kehidupan masyarakat
1.
Berburu : 1.0
2.
Bertani
: 2.0
3.
Manifaktur : 3.0
4.
Digital
: 4.0
Tantangan
revolusi Industri 4.0 adalah 65% siswa saat ini duduk di bangku sekolah dasar akan bekerja pada bidang
yang hari ini BELUM TERCAPAI.
1. Jumlah
Pekerjaan semasa hidup
ABAB 20 : 1-2 Pekerja
ABAD 21 : 10-15 Pekerjaan ( Departemen Tenaga
Kerja Amerika Serikat 2004)
2. Kompetisi
ABAD 20 : Lokal
ABAD 21 : Global
3. Kondidi
pekerjaan
ABAD 20: Menguasai 1 hal
ABAD 21
: Menguasai banyak hal secara bersamaan sesuai dengan perubahan yang cepat
4. Jenis
pekerjaan
ABAD 20 : Rutin, Pendekatan langsung
ABAD 21 :Tidak rutin, teknis, kreatif, dan Interaktif
5. Budaya
organisme
ABAD 20 : Top Down
ABAD 21 :Berbagai arah ( Bottom Up, Top Down, Side
to Side, dll).
Pembelajaran
jarak jauh dalam metode pembelajaran
abad 21 bentuknya bisa saja seperti radio, televise, satelit, bahkan internet.
Apa
fungsi dari Guru Abad 21?
Kolaborasi
Guru dan murid tidak tergantikan
1.
Guru sebagai leader
2.
Guru sebagai Motivator
3.
Guru sebagai fasilitator
Pertemuan
didalam kelas digunakan untuk aktifitas kolaborasi aktif dari masing-masing
siswa yang mendorong penalaran tinggi (HOTS) antara lain:
a. Presentasi
b.Diskusi
c.Bedah kasus
d. Debat,
dll
Siswa
diharapkan untuk mengembangkan penalaran tingkt tinggi diluar kelas secara
individu, pertemuan didalam kelas digunakan untuk mendistribusikan informasi
baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Siswa belajar secara pasif menggunakan One size fits all approach.
DEWI YANTI, S.Pd
SMPN 1 KUNDUR UTARA
KARIMUN
KEPULAUAN RIAU
Komentar
Posting Komentar