Tugas 13 Resume Pertemuan ke-6

 

RESUME PERTEMUAN KE-6
BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7

Pertemuan kali ini adalah materi tentang Mendesain Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif Oleh Indra Charismiadji pemerhati dan Praktisi Pendidikan 4.0
1.      Direktur Eksekutif Center For Education Regulations dan Development Analysis (CERDAS)
2.      Direktur bidang Pendidikan VOX Populi Institute Indonesia
3.      Ketua Dewan Pembina Asosiasi Guru TIK/ KKPI Indonesia (AGTIFINDO)
4.      Dewan Pembina Ikatan Guru TIK PGRI
Pada pertemuan kali ini pemateri menggunakan WEBEX.
Materi malam ini pun ditampilkan melalui slide demi slide dengan menggunakan Webex.
Adapun Linimasa Kehidupan masyarakat
1.      Berburu : 1.0
2.      Bertani  : 2.0
3.      Manifaktur : 3.0
4.      Digital  : 4.0
Tantangan revolusi Industri 4.0 adalah 65% siswa saat ini duduk di bangku sekolah dasar akan bekerja pada bidang yang hari ini BELUM TERCAPAI.
1.      Jumlah Pekerjaan semasa hidup
      ABAB 20 : 1-2 Pekerja
   ABAD 21 : 10-15 Pekerjaan ( Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat 2004)
2.      Kompetisi
      ABAD 20 : Lokal
      ABAD 21 : Global
3.      Kondidi pekerjaan
      ABAD 20: Menguasai 1 hal
      ABAD 21  : Menguasai banyak hal secara bersamaan sesuai dengan perubahan yang  cepat
4.      Jenis pekerjaan
      ABAD 20 : Rutin, Pendekatan langsung
      ABAD 21 :Tidak rutin, teknis, kreatif, dan Interaktif
5.      Budaya organisme
ABAD 20 : Top Down
ABAD 21 :Berbagai arah ( Bottom Up, Top Down, Side to Side, dll).

Pembelajaran jarak jauh dalam metode  pembelajaran abad 21 bentuknya bisa saja seperti radio, televise, satelit, bahkan internet.
Apa fungsi dari Guru Abad 21?
Kolaborasi Guru dan murid tidak tergantikan
1.                        Guru sebagai leader
2.                        Guru sebagai Motivator
3.                        Guru sebagai fasilitator
Pertemuan didalam kelas digunakan untuk aktifitas kolaborasi aktif dari masing-masing siswa yang mendorong penalaran tinggi (HOTS) antara lain:
a. Presentasi
b.Diskusi
c.Bedah kasus
d.      Debat, dll
Siswa diharapkan untuk mengembangkan penalaran tingkt tinggi diluar kelas secara individu, pertemuan didalam kelas digunakan untuk mendistribusikan informasi baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Siswa belajar secara pasif menggunakan One size fits all approach.




DEWI YANTI, S.Pd
SMPN 1 KUNDUR UTARA
KARIMUN
KEPULAUAN RIAU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 4 Menulis 3 alinea tema Kucing

Tugas 6 Resume pertemuan ke-2

Tugas 3 Menulis 3 Alenia Tema Bayi